Faktor Penyebab Kanker Payudara

Faktor Risiko

Penyebab spesifik kanker payudara masih belum diketahui, tetapi banyak faktor yang diperkirakan mempunyai pengaruh terhadap terjadinya kanker payudara diantaranya :
  • Faktor reproduksi
Karakteristik reproduktif yang berhubungan dengan risiko kanker payudara adalah nuliparitas, menarche pada umur muda, menopouse pada umur lebih tua, dan kehamilan pertama pada umur tua. Risiko utama kanker payudara adalah bertambahnya umur. Diperkirakan periode antara terjadinya haid pertama dengan umur saat kehamilan pertama merupakan window of initiation perkembangan kanker payudara. Secara anatomi dan fungsional, payudara akan mengalami atrofi dengan bertambahnya umur. Kurang dari 25% kanker payudara terjadi pada masa sebelum menopouse sehingga diperkirakan awal terjadinya tumor terjadi jauh sebelum terjadinya perubahan klinis.
  • Penggunaan hormon
Hormon estrogen berhubungan dengan terjadinya kanker payudara. Laporan dari Harvard School Pf Public Healt menyatakan bahwa terdapat peningkatan kanker payudara yang signifikan pada para pengguna terapi ekstrogen replacement. Suatu metaanalisis menyatakan bahwa walaupun tidak terdapat risiko kanker payudara pada pengguna konstrasepsi oral., wanita yang menggunakan obat ini dalam waktu yang lama mengalami resiko tinggi untuk mengalami kanker payudara sebelum masa menopouse. Sel-sel yang sensitif terhadap rangsangan hormon mungkinmengalami perubahan degenerasi jinak atau menjadi ganas.
  • Penyakit Fibrokistik
Pada wanita dengan adenosis, fibroadenoam, dan fibrosis, tidak  ada peningkatan rsiko terjadinya kanker payudara. Pada hiperplasis dan papiloma, risiko sedikit meningkat 1,5 sampai 2 kali. Sedangkan pada hiperplasi atipik, risiko meningkat hingga 5 kali.

  • Obesitas
Terdapat hubungan yang positif antara berat badan dan bentuk tubuh dengan kanker payudara pada wanita pasca menopouse. Variasi terhadap kekerapan kanker di negara-negara Barat dan bukan barat serta perubahan dan kekerapan sesudah migrasi menunjukan bahwa terdapat pengaruh diet terhadap terjadinya keganasan ini.
  • Konsumsi lemak
Komsumsi lemak diperkirakan sebagai suatu faktor resiko terjadinya kanker payudara. Willet dkk. Melakukan studi prospektif selama 8 tahun tentang konsumsi lemak dan serta dalam hubungannya dengan resiko kaker payudara pada wanita umur 34 sampai 59 tahun.
  • Radiasi
Eksposur dengan radiasi ionisasi selama atau sesudah pubertas meningkatkan terjadinya resiko terkena kanker payudara . Dari beberapa penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa resiko kanker radiasi berhubungan secara linier dengan dosis dan umur saat terjadinya eksposur.
  • Riwayat keluarga dan faktor genetik
Riwayat keluarga merupakan komponen yang penting dalam riwayat penderita yang akan dilaksanakan skrining untuk kanker payudara. Terdapat peningkatan resiko keganasan pada wanita yang keluarganya menderita kanker payudara. Pada studi genetik ditemukan bahwa kanker payudara berhubungan dengan gen tertentu .