Penyakit Kanker Payudara

Kanker Payudara merupakan jenis kanker yang paling umum yang di derita kaum wanita. Dan tidak menutup kemungkinan kaum pria juga akan terkena penyakit ini. Walau kemungkinannya lebih kecil. Biasanya pengobatan yang paling lazin adalah dengan menggunakan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi. Kanker adalah suatu kondisi simana sel telah kehilangan pengendalian dan memkanisme normalnya, sehingga mengalami pertumbuhan yang tidak normal, cepat dan tidak terkendali. Selain itu kanker payudara ( Carcinoma mammae ) didefinisikan sebagai suatu penyakit neoplasma yang ganas yang berasal dari parenchyma. Penyakit ini oleh World Health Organization ( WHO) dimasukan ke dalam International Clasification of Disease (ICD) dengan kode nomor 17.

Transformasi

 Sel-sel kanker dibentuk dari sel-sel normal dalam suatu proses rumit yang disebut transformasi yang terjadi pada tahan inisiasi dan promosi. Pada tahap inisiasi terjadi suatu perubahan dalam bahan genetik sel yang memancing sel menjadi ganas. Perubahan dalam bahan genetik  sel ini disebabkan oleh suatu agen yang disebut karisogen, yang biasa berupa bahan kimia, virus, radiasi ( penyinaran) atau sinar matahari. Tetapi tidak semua sel memilki kepekaan yang sama terhadap suatu karisogen. Kelainan genetik dalam sel atau bahan lainnya yang disebut promotor, menyebabkan sel lebih rentan terhadap suatu karisogen. Bahkan gangguan fisik menahunpun bisa membuat sel menjadi lebih peka untuk mengalami suatu keganasan.

Fase Promosi

Pada tahap promosi, suatu sel yang telah mengalami inisiasi akan berubah menjadi ganas. Sel yang belum melewati tahap inisiasi tidak akan terpengaruh oleh promosi. Karena itu diperlukan beberapa faktor untuk terjadinya keganasan (gabungan dari sel peka dan suatu karsinogen)